Subscribe RSS

Segala puji hanya milik Alloh Swt,Kita memuji-Nya,meminta pertolongan-Nya, dan memohon ampunan-Nya. Sholawat dan salam semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad,SAW, para sahabatnya, dan kaum muslimin setelahnya yang mengikuti mereka hingga hari kiamat.

Alloh Swt telah menciptakan seluruh makhluk,lantas Dia berlaku adil dan menyempurnakan penciptaanNya itu .Dia menunjukkan manusia kepada jalan yang mendatangkan kebaikan bagi urusan mereka di dunia dan akhirat,memberi tahu mereka bahwa seluruh kebaikan terletak dalam mengikuti perintah-perintah Nya dan menjauhi Larangan-larangan Nya.

Siapa yang memperhatikan syari’at yang ditetapkan oleh Alloh sebagai petunjuk sekaligus pembersih fitrah manusia dari berbagai noda zaman yang menimpa mereka,serta dari godaan hawa nafsu dan setan,,niscaya ia mendapati bahwa syari’at-syari’at tersebut sangat harmonis dengan fitroh sehat manusia.

:Berfiman ALLOH SWT

              
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”(QS.Al Baqoroh:183)

Secara khusus bagi orang yang sedang menderita sakit atau melakukan perjalanan jauh diperbolehkan tidak berpuasa(RUKHSAH) ,dan harus menggantinya di hari lain. Seperti Firman ALLOH SWT:

           
“….Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain…..”(QS> AL Baqoroh: 184).

Dan bagi orang yang memang tidak mampu/berat menjalankan puasa ,wajib menggantinya dengan membayar Fidyah.Alloh SWT Berfirman:
      
“….dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan,Maka Itulah yang lebih baik baginya. dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu
Mengetahui.”(QS> AL Baqoroh :184)

   •               
“…dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam,…..” (QS>Al Baqoroh: 187)

Begitu mencengangkan hikmah yang didapat dari kewajiban yang telah di Syari’atkan ALLOH SWT,yaitu salah satunya adalah kewajiban menjalankan Puasa Romadlon yang memiliki pengaruh besar dalam kehidupan individu dan masyarakat,dimana rahasia-rahasia dan manfaat-manfaat medis kewajiban agung ini hari demi hari berhasil diungkap oleh pengetahuan modern.,dan apabila dipelajari,,akan kita dapati bahwa memang syari’at-syari’at tersebut sangat sesuai dan harmonis dengan fitroh sehat manusia, karena syari’at tersebut diturunkan dari Dzat Yang Maha Bijaksana dan Dzat Yang telah Menciptakan manusia, Dzat Yang Maha Mengetahui apa saja yang harus di perbuat manusia,agar dapat meraih yang terbaik,dari urusan dunia maupun akhirat.

Alloh SWT Berfirman:

       •             
Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al Quran itu adalah benar. Tiadakah cukup bahwa Sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?” (QS. AL Fushshilat: 53)

Rosululloh SAW bersabda:

“Berpuasalah niscaya kamu akan sehat” (HR.Thobroni,HR. Ibnu ‘Adi)

Rosululloh SAW bersabda:


“Tidak dianggap puasa,siapa yang puasa terus menerus” (HR.Bukhori)

Rosululloh SAW bersabda:


“Umatku masih senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan buka puasa dan mengakhirkan sahur” (HR.Nasa’i)



BEBERAPA PENGARUH PUASA PADA TUBUH MANUSIA:
 Selama puasa,system pencernaan beristirahat,memberi kesempatan bagi sel-sel tubuh memperbaiki diri.
 Kebiasaan cara makan yang tidak sehat, berubah menjadi lebih baik/sehat,sehingga resiko terkena penyakit degeneratif dan kanker lebih kecil.
 Dapat menahan marah/lebih sabar,sehingga resiko terkena penyakit akibat ketegangan fikiran misalnya penyakit jantung, lebih rendah.
 Mengurangi kebiasaan merokok bagi pecandu rokok,sehingga resiko penyakit akibat rokok (jantung dan paru) lebih rendah.
 Mencegah obesitas/kegemukan.
 Puasa dapat membantu membersihkan toksin-toksin/racun-racun dalam tubuh.
 Gastritis/maag akibat factor psikis dapat sembuh.
 Terjadi regenerasi sel-sel tubuh,sepuluh hari pertama 10% sel tubuh, sepuluh hari kedua 66% sel tubuh,,sepuluh hari terakhir hamper 100% sel tubuh (Andrea Willer).
 Konsentrasi dan kecerdasan meningkat(Daniel Goleman/peneliti kecerdasan emosi,Melakukan penelitian ilmiah pada anak-anak usia 4 th di Taman Kanak-kanak Stanford)
 Imunitas/daya tahan tubuh meningkat sepuluh kali lipat.
 Sekresi/pengeluaran hormone testosterone dan estrogen menurun sepersepuluhnya,sehingga nafsu sex lebih mudah dikendalikan.
 Terjaga pengendalian diri/self control,sehat jiwanya
 Kepedulian social meningkat (kedisiplinan,kejujuran,ta’awun/kerjasama/tolong menolong,,kemiskinan)
 Dan pengaruh yang baik lainnya,WALLOHU A’LAM.

BAGAIMANA AGAR PUASA KITA TERASA LEBIH RINGAN?

 Niat ikhlash
 Mengakhirkan waktu sahur seperti perintah Nabi SAW
 Pilih makanan yang tinggi serat,sumber kalori lemak dan KH(kurma,pisang, susu, dll)
 Jangan terlalu banyak tidur/malas,Lakukan aktifitas biasa sehingga kadar gula darah terjaga sehingga tidak lesu dan lemas.
 Konsumsilah air seperti sewaktu tidak puasa(minimal 2 ltr sehari)
 Jangan menganggap puasa sebagai beban

Catatan kecil bukhori:

• Abdulloh bin Umar ra,sedang berpuasa,Dia membasahi bajunya lalu memakainya,saat cuaca sedang panas.
• Anas Bin Malik ra,beliau sering berendam di abzan/bak mandi ketika berpuasa.
• Imam ‘Amir Asy-sya’bi(ulama kuffah Irak) sering mandi ketika berpuasa.
• Imam Hasan Al-Bashri,”tidak apa-apa berkumur(tidak berlebihan) dan mandi/mendinginkan badan saat puasa”.
• Ibnu Umar Ra “boleh bersiwak/gosok gigi saat berpuasa”.

“Apabila mendengar adzan,sementara piring sudah ditangan,jangan diletakkan hingga menunaikan hajatnya/selesai makan” .(HR.Al Hakim)

“Barang siapa makan dan minum dalam keadaan lupa,maka sempurnakanlah puasanya.Sesungguhnya Alloh-lah Yang telah memberinya makan dan minum” (HR.Jama’ah dari Abu Huroiroh)

Begitu banyak hikmah kelebihan yang kita dapat dengan melaksanakan kewajiban puasa Romadlon,semoga dengan mengetahui hal itu,akan dapat menambah semangat dan merasa lebih mudah dalam menjalankannya, Akan tetapi jangan sampai sebatas hanya ingin mendapatkan sehat untuk melaksanakannya,sebab semua akan menjadi sia-sia jika puasa dilaksanakan bukan dengan penuh keikhlasan hanya karena Alloh SWT, seperti sabda Rosululloh SAW,
” Dari Abu Hurairah, katanya: Telah bersabda Rasulullah: “Siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena keimanan dan mengharapkan keridlaan Allah, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lampau. Dan barang siapa yang mendirikan malam Qadar (lailatul qadar) karena iman dan mengharapkan keridlaan Allah, maka diampuni dosanya yang telah lampau.” (HR.Bukhari)

Semoga Alloh menjadikan semua amalan kita Ikhlas mengharap wajah-Nya,mendekatkan diri kepada-Nya,dan memberi manfaat kepada hamba-hamba-Nya.Amin




Referensi:
Al Qur’an…,Fiqh Ash-Shiam,Yusuf Qardhawi(terj)…..At-Tadaawii bish Shoum,Darul Hadhoroh(terj)…..
Rahasia puasa bagi kesehatan fisik dan psikis,Imam musbikin……dan berbagai sumber


MOHON MAAF SEGALA KHILAF,SEMOGA MANFAAT

dr.john

Category: | 0 Comments

0 comments to “HIKMAH PUASA BAGI KESEHATAN”